Friday 12 October 2012

Quest for Revival: Songket and Batik

Assalamu'alaikum

Akhirnya kami kembali ke Aceh. Setelah Fashion Show saya "Aceh Revival" di Jogja Fashion Week beberapa bulan lalu, Alhamdulillah kami mendapatkan respon positif dari customer dan masyarakat. Kini saya dan suami memutuskan untuk melanjutkan tema Aceh Revival dengan material kain songket yang jauh lebih bagus dan variatif. Mengenalkan kain tradisional di event nasional seperti di Jogja Fashion Week membuka kesempatan buat saya untuk mempopulerkan kain songket Aceh yang selama ini tak tersentuh dalam dunia fashion.

Pemilihan tema Aceh untuk diangkat juga bukan tanpa sebab. Provinsi yang dikenal dengan sebutan Serambi Mekah ini dinilai mampu mewakili karakter Islami di ajang fashion yang mengangkat citra busana muslim yang semakin mendunia. Tenun Aceh memiliki ciri khas di motif yang sarat akan makna. Seperti motif Pintu Aceh yang terinspirasi dari pintu Ka'bah di Mekah dan motif Pucuk Rebung yang mewakili tradisi masyarakat Aceh yakni makanan favorit orang Aceh.

Tiba di bandara Sultan Iskandar Muda saya dijemput oleh Cut Myra dan Kak Maya. Mereka ini para komite Hijabi Aceh (sekarang sudah official Hijabers Community Aceh) yang sudah seperti saudara saya sendiri.

Bandara Sultan Iskandar Muda

Perjalanan yg cukup memakan waktu karena ditambah jadwal pesawat yang delay hingga 2 jam, tak membuat saya lelah. Hari itu juga Kami langsung menemui pengrajin Songket Aceh yang sudah sudah turun-temurun mengembangkan kain songket Aceh, namanya Nyak Atun. Saya banyak belajar dari penjelasannya, ternyata selain songket Aceh, ada juga batik Aceh yang baru mulai dikembangkan setelah peristiwa Tsunami. Batik Aceh juga menggunakan material kain dan pattern yang berbeda dari Songket Aceh.






Kebetulan hari itu juga merupakan hari ulang tahun Kak Maya. Kami pergi makan malam di Canai Mamak. Tiba-tiba kak Nirma datang dan membawakan kue ulang tahun.



Selamat ulang tahun Kak Maya, Semoga semakin diberkahi Allah Swt. di usia yang baru :)

Wassalamu'alaikum

5 comments:

  1. Assalamu'alaikum..
    Semangat kak Fitri..
    Go ahead.. Tetep istiqomah..
    :-*

    ReplyDelete
  2. I think those are beautiful photos :D the second picture looked like if it is a 'behind the scene' shot from a movie. haha :D

    ReplyDelete
  3. Keren ,,moga aja banyak warisan daerah yang masih bisa di explore ya .sukses

    ReplyDelete
  4. saya lihat2 mbaknya pandai berpakaian...
    walaupun pake pardah tp stylist...
    :)

    ReplyDelete